Irwan Usman: Dapodik adalah Sisitim Pendataan Berskala Nasional

Irwan Usman: Dapodik adalah Sisitim Pendataan Berskala Nasional (Foto: Disdik)

Newstizen.id, Gorontalo Utara – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Irwan Abudi Usman, M.Pd, menyampaikan bahwa Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sebuah sistim pendataan yang berskala nasional dan terintegrasi dengan data pendidikan lainnya.

Ini disampaikan Kadisdik Irwan Abudi Usman di Maqna Hotel Kota Gorontalo pada kegiatan rapat koordinasi (Rakor) Dapodik Sekolah Dasar (SD) tingkat kabupaten Gorontalo Utara.

Pelaksanaan Rakor Dapodik pada 07-09 November 2022 yang pada kesempatan tersebut dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Erni Yasin, S.Pd dan 135 operator SD serta 46 operator SMP se Gorut.

Kegiatan ini merupkan Rakor dan konsolidasi terhadap Dapodik yang harus diverifikasi dan divalidasi, mulai dari data siswa, guru dan tenaga pendidik serta data sarana dan prasarana harus disesuaikan dengan keberadaan dan perencanaan ke depan, jelas Irwan Usman.

“Pada intinya, kita harus benar benar fokus terhadap Rakor ini, sebab Dapodik merupakan sumber data utama dari seluruh program perencanaan pendidikan Indonesia, guna mewujudkan insan cerdas dan kompetitif,” terang Irwan Usman.

Pada kesempatan lainnya, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Erni Yasin, S.Pd, mengatakan target dari kegiatan Rakor Dapodik tersebut diantaranya penyesuaian dan sinkronisasi data siswa melalui usulan pendidik terhadap kebutuhan dan item penganggaran yang harus maksimal. (BYP)


error: Content is protected !!