Aryati Polapa Soroti Potensi Pariwisata Yang Belum Dikelola Dengan Baik

Aryati Polapa Soroti Potensi Pariwisata Yang Belum Dikelola Dengan Baik (Foto: Dok)

Newstizen.id, Gorontalo Utara – Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Aryati Polapa, menyoroti potensi pariwisata yang belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Sektor pariwisata telah menjadi ikon untuk Kabupaten Gorut di tahun ketiga jabatan masa pemerintahan bupati saat ini. Ikon itu telah dijabarkan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang berdasarkan pada visi dan misi bupati dan wakil bupati terpilih.

“Tapi menurut evaluasi kami belum di follow up dengan baik. Padahal ini berpotensi untuk meningkatkan PAD yang menjadi sumber pemenuhan fiskal daerah untuk membiayai seluruh urusan, baik wajib maupun pilihan yang menjadi kewenangan daerah,” tutur Mantan Kadisdik Gorut, Aryati Polapa, M.Pd, Jumat (4/11/2022).

Menurutnya, DPRD dan pemerintah daerah harus bekerja sama untuk memotivasi masyarakat dalam menciptakan kondisi kewiraswastaan.

“Contohnya untuk Atinggola, yakni destinasi wisata Pantai Minanga. Saya motivasi untuk seperti di Bali agar setiap orang bisa hasilkan ratusan ribu rupiah per hari,” terang Aryati Polapa

Namun, kondisi untuk memberdayakan masyarakat masih belum tercipta untuk saat ini dan motivasi dari pemerintah belum masif dilakukan, sehingga pengembangan pariwisata belum meningkat.

“Di Atinggola seperti di Pantai Minanga, untuk awal  10 ribu, hanya saja motivasi belum ada, kondisinya juga belum diciptakan,” tandas Aryati Polapa (byp)


error: Content is protected !!