Motabi Kambungu Edisi III, Kegiatan Badan Keuangan Gorut Tahun 2022

Motabi Kambungu Edisi III, Kegiatan Badan Keuangan Gorut Tahun 2022 (Foto: BYP)

Newstizen.id, Gorontalo Utara – Badan Keuangan Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) menggelar kegiatan Sosialisai Pajak Daerah yang mengambil tempat di Aula Kantor Desa Biau Kecamatan Biau. Kamis (25/08/2022)

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Agenda Strategis Pemda Gorontalo Utara yakni Kegiatan Motabi Kambungu yang dilaksanakan di Kecamatan Biau.

Acara Sosialisasi Pajak Daerah dibuka langsung oleh Kepala Badan Keuangan Kabupaten Gorontalo Utara Ibu Hj. Maylan Tongkodu, S.Kom, M.AP., yang didampingi jajarannya dan unsur Kecamatan Biau.

Selain dari Badan Keuangan, hadir pada kesempatan itu dari Unsur Dinas Satuan Polisi Pamong Praja yang menjadi salah satu pemateri.

Maksud dari Acara Sosialisasi Pajak Daerah ini adalah :

  1. Sebagai Upaya dalam meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam membayar kewajibannya melalui Pembayaran Pajak ;
  2. Meningkatkan Sinergitas antara Badan Keuangan, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dalam upaya Peningkatan Penerimaan Daerah melalui Pajak dan Retribusi Daerah dan, ;
  3. Untuk memudahkan masyarakat dalam membayar Pajak.

Tujuan Kegiatan :

  1. Sebagai upaya Optimalisasi PAD;
  2. Menggali Potens-potensi Pajak baru melalui Pemutahiran Data dan Pelayanan Pajak

Peserta dari Kegiatan Sosialisasi Pajak Daerah ini terdiri dari para Kepala Desa, Kepala Dusun dan Pengusaha Restoran/Rumah Makan, para Pengusaha Burung Walet.

Harapannya dengan adanya informasi dan pengetahuan berkaitan dengan Pajak Daerah akan lebih menggugah Kesadaran Masyarakat dalam membayar Pajak kareta ini merupakan salah satu bentuk Partisipasi Nyata dalam Membangun Daerah.

Selain Kegiatan Sosialisasi Pajak Daerah, Badan Keuangan membuka layanan Penyesuaian Penggajian Berkala, Kenpa, Tunjangan Keluarga, Verifikasi Dana Operasional Desa dan Kegiatan Inventarisasi Aset Daerah serta Kegiatan Penyampaian SKPD dan Penagihan kepada Wajib Pajak melalui pembayaran QRIS. (Rls)

error: Content is protected !!