Festival Akuatik Indonesia 2022, Pengda PRSI Bone Bolango Mengirim Atlit Renang

Festival Akuatik Indonesia 2022, Pengda PRSI Bone Bolango Mengirim Atlit Renang (Foto: RH)

Newstizen.id, Bone Bolango – Festival Akuatik Indonesia 2022 yang dilaksanakan di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, selesai pada Jum’at (29/07/2022) beberapa hari lalu.

Jawa Timur keluar sebagai juara umum dengan perolehan medali 32 emas, 16 perak dan 21 perunggu. Posisi kedua ditempati kontingen DKI Jakarta, dengan 29 emas, 30 perak dan 32 perunggu.

Jawa Barat melengkapi posisi tiga besar, dengan raihan medali 18 emas, 32 perak dan 31 perunggu.

Adapun urutan keempat dan kelima ditempati Bali dan Banten, masing-masing dengan perolehan medali 17 emas, 27 perak, 16 perunggu serta 13 emas, 5 perak dan 5 perunggu.

Dua rekor nasional tercipta pada hari keempat. Turun di nomor 50 m gaya kupu-kupu KU 3 (12-13 tahun), I Nyoman Gede Yajamana mencatat 26,99 detik.

Pada ajang festival akuatik Indonesia 2022 ini, Pengurus daerah (Pengda) PRSI Bone Bolango itu berpartisipasi dengan mengirim 3 atlet andalannya, atas nama Resandi Bau (Senior), Akbar Fauzan Bau (Yunior) dan Moh Fahry Dimas Lobu (Yunior), persaingan di antara atlet yang cukup ketat membuat para atlit renang Bone Bolango harus berjuang keras agar dapat membawa medali, ternyata belum bisa di persembahkan oleh atlet-atlet renang Bone Bolango, namun sebagai Pengda yang belum lama terbentuk ketiga atlet Bone Bolango paling tidak dapat membanggakan karena dapat masuk pada rangking 10 besar atas nama Resandi Bau.

Festival Akuatik Indonesia 2022, Pengda PRSI Bone Bolango Mengirim Atlit Renang (Foto: RH)

Menurut Ketua Pengda PRSI Bone Bolango, Dr. Robby Hunawa, SIP., MSi., keikutsertaan ke 3 atlit renang Bone Bolango ini adalah untuk yang pertama kali sejak di bentuk tahun 2019.

Beberapa event tingkat regional dan nasional yang telah terjadwal sebelumnya terpaksa di tiadakan karena Pandemi Covid-19.

Ke depan menurut Robby pembinaan dan pelatihan terhadap para atlit akan terus di intensifkan, guna lebih meningkatkan prestasi para atlit.

Selain itu, ke depannya sangat berharap agar pemerintah daerah dapat membangun kolam renang yang representatif, sebagai base camp PRSI Bone Bolango di Kawasan GOR Kecamatan Bulango Timur tepatnya di Desa Bulotalangi Timur yang akan di lanjutkan pembangunannya tahun ini dengan anggaran sebesar 32 milyar  melalui Skema Dana PEN, karena selama ini para atlet melakukan Latihan rutin di kolam renang Lahilote, Kota Gorontalo, tutur Robby.

Pelatih dan oficial yang ikut mendampingi yakni Hamidun Lobu dan Muson Bau mengatakan memang atlet-atlet Bone Bolango ke depan akan dilakukan penggemblengan atlet dari aspek mental dan fisik. Hal ini perlu di tekankan pada pola.

Latihan nanti karena ke dua aspek ini sangat memegang peranan penting bagi atlet, faktor mentalitas tentu sangat mempengaruhi atlet di mana dibutuhkan kesiapan dan pengalaman jam terbang atlet, ujar Muson Bau.

Untuk meraih prestasi utama tingkat nasional, maka atlet tersebut harus perbanyak mengikuti event-event baik yang skala daerah, regional maupun nasional agar mental sebagai atlet semakin matang pada diri mereka dan yang tidak kalah pentingnya adalah penggodokan fisik atlet dengan melakukan latihan secara rutin, kata Muson Bau.

Terakhir Robby sangat mengharapkan perlu adanya perhatian dari pemerintah terhadap pengembangan berbagai cabang olahraga di Bone Bolango, cukup banyak atlet-atlet potensial, tetapi karena kurangnya perhatian dari para pemangku kepentingan sehingga potensi potensi atlet tersebut tidak terberdaya menjadi sebuah prestasi, padahal para atlet ini adalah duta duta daerah yang dapat memperkenalkan daerah ke luar dan bisa memberikan suatu kebanggaan bagi masyarakatnya jika atletnya berprestasi secara nasional, pungkas Robby yang juga pernah menjadi sekretaris Pengda WUSHU Gorontalo dan Pengda MUATHAY Gorontalo. (***)

Festival Akuatik Indonesia 2022, Pengda PRSI Bone Bolango Mengirim Atlit Renang
error: Content is protected !!