Petani di Camplong Cabut Tanaman Tembakau

Petani di Desa Pamulaan, Kecamatan Camplong, Sampang, Madura, Jawa Timur, saat mencabuti tanaman tembakaunya (Foto: Mal)

NEWSTIZEN.ID, Sampang – Cuaca merupakan salah satu pendukung dalam meningkatkan produktivitas tanaman, namun persoalan cuaca yang tidak menentu sering kali menjadi dilema bagi para petani.

Terkadang, para petani menghadapi problem cuaca tersebut, dengan tetap berusaha bagaimana tanaman miliknya bisa bertahan dan produktif, namun ada juga para petani yang putus asa.

Hal ini seperti yang dirasakan oleh H. Asmari petani asal Desa Pamulaan, Camplong, Sampang, Madura, Jawa Timur, bahkan dirinya nekat mencabuti tanaman tembakaunya sendiri lantaran sudah tidak mampu lagi untuk merawatnya.

“Dibilang putus asa iya mas, karena tembakau saya meskipun sudah umur 2 bulan sudah tidak bisa normal lagi. Malah nanti klo masih dirawat malah yang ada semkin rugi, lebih baik saya cabuti,” katanya, (1/8/2022).

Meski begitu, ucap H. Asmari, dirinya tidak pasrah dengan keadaan cuaca, melainkan dirinya akan tetap bertani, tapi beralih ke tanaman sayur-sayuran.

“Saya mau tanam sayur aja, seperti Sawi, Kangkung dan lain-lain, cara inilah kata Syair sebagai solusinya bagi petani,” ucapnya.

Ditambahkan, Pemuda peduli petani asal Camplong, Syai’r Mahesa, Menurutnya, tahun ini banyak para petani tembakau yang mengeluh akibat anomali cuaca yang membuat tembakaunya tumbuh tidak normal, seperti di Desa Pamulaan ini.

ā€¯Untuk mengantisipasi dampak kerugian yang sangat besar, saya sarankan petani tembakau untuk beralih menanam komoditas yang lain pada musim tanam tahun ini seperti sawi,” pungkasnya. (Mal)

Petani di Camplong Cabut Tanaman Tembakau
error: Content is protected !!