Investor Udang Vaname Merambah Gorut, Thariq Modanggu Pastikan Seluruh Perizinan Sudah Dikantongi

Investor Udang Vaname Merambah Gorut, Thariq Modanggu Pastikan Seluruh Perizinan Sudah Dikantongi (Foto: Tim)

Newstizen.id, Gorontalo Utara – Budidaya udang Vaname merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Udang Vaname adalah udang yang tinggal di kawasan sub-tropis.

Kelebihan yang dimiliki dari udang Vaname antara lain dagingnya empuk dan enak, proses budidayanya juga relatif cepat. Dengan demikian untuk meraup keuntungan juga semakin cepat didapatkan, perputaran modal juga semakin cepat.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu, S.Ag., M.Pd.I melalui rilis rekaman suaranya yang masuk di meja redaksi. Ahad (31/07/2022).

Investor Udang Vaname Merambah Gorut, Thariq Modanggu Pastikan Seluruh Perizinan Sudah Dikantongi (Foto: Tim)

Bupati Thariq Modanggu menyampaikan bahwa hari ini dirinya memenuhi undangan dari investor udang Vaname di lokasi Tambak Udang milik PT. Hutokalo Mina Tani Prima, di kecamatan Sumalata Timur tepatnya di Desa Hutokalo untuk melihat langsung progres pembangunan tambak udang modern.

Menurut Thariq Modanggu, perusahaan investasi ini telah berhasil membangun investasi udang Vaname dalam bentuk tambak modern di Moutong, Sulawesi Tengah di bawah naungan PT Parigi Acultura Prima di Desa Sejoli, Moutong yang sudah berproduksi.

Dan saat ini perusahaan tersebut mengembangkan usaha di kecamatan Sumalata Timur, Gorontalo Utara, untuk membangun tambak udang modern.

Pada pertemuan tadi, kepada investor (Bapak Rudi-red) saya mengingat beberapa hal.

“Pertama; pemanfaatan tenaga-tenaga lokal untuk pengelolaan udang ini, untuk diberi ruang sebesar-besarnya kepada masyarakat sekitar,” ucap Thariq Modanggu.

“Kedua; tetap memperhatikan aspek penghijauan, oleh sebab itu kami juga berharap untuk tetap melakukan penanaman tanaman pohon di se putaran area dari pada tambak ini,” tambah Thariq.

“Ketiga; kami juga memastikan bahwa seluruh perizinan, sudah di kantongi, dan Alhamdulillah pihak investor ini sudah menyampaikan bahwa seluruh proses perizinan sudah selesai dilakukan dan mereka sekarang dalam tahap pembangunan,” jelas Thariq Modanggu.

Oleh sebab itu, Kita berharap bahwa dengan adanya investasi udang Vaname di Gorontalo Utara ini, akan memberikan dampak secara ekonomi bagi masyarakat dan Gorontalo Utara secara umum, juga akan menjadi percontohan bagi tambak udang di Gorontalo Utara, ujar Thariq Modanggu.

Kami berharap dengan keberhasilan investor ini di beberapa daerah termasuk di Moutong, juga akan diikuti dengan keberhasilan Gorontalo Utara.

“Ini beberapa hal yang kami sampaikan terutama dan sisi pemanfaatan tenaga lokal dan juga aspek lingkungan agar tetap diperhatikan oleh investor sehingga secara ekonomi, secara sosial dan secara ekologi tetap menjadi perhatian daripada investor dalam pengembangan udang untuk super intensif di Gorontalo Utara,” tutup Bupati Thariq Modanggu. (BYP)

 

Investor Udang Vaname Merambah Gorut, Thariq Modanggu Pastikan Seluruh Perizinan Sudah Dikantongi
error: Content is protected !!