Kapolda Helmy Beri Nama Batalyon XLVIII Diktuba SPN Polda Gorontalo “Abhiseva Santika”

Kapolda Helmy Beri Nama Batalyon XLVIII Diktuba SPN Polda Gorontalo "Abhiseva Santika" (Foto: Humas Polda Gorontalo)

Newstizen.id, Gorontalo – Nama merupakan bagian dari identitas diri seseorang. Bahkan bisa dibilang nama merupakan identitas pertama dan terpenting. Arti nama juga meliputi sebuah gelar atau sebutan atas suatu kemasyhuran, kebaikan serta kehormatan.

“Pada hari ini senin tanggal 25 Juli 2022, jam 09.25 WITA dengan memohon ridho Allah SWT, Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang II T.A 2022 SPN Polda Gorontalo dengan resmi saya berikan nama Abhiseva Santika”.

Pernyataan pemberian nama angkatan tersebut disampaikan oleh Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika, SH, SIK, M.Si pada saat upacara pembukaan Diktukba Gel II T.A 2022 bertempat di Mako SPN Polda Gorontalo disusul dengan sorakan tepuk tangan seluruh peserta upacara.

Helmy juga menyampaikan jika pemberian nama tersebut bukan tanpa arti, makna dan alasan. Batalyon Abhiseva Santika yang di daulat sebagai nama angkatan XLVIII Diktukba Gel. II T.A 2022 itu lahir melalui proses yang tidak instant.

“Sebelum melahirkan ide sebuah nama, saya Wirid”.

Bagi Helmy, nama angkatan itu sepadan dengan tugas pokok Polri dengan menjunjung tinggi kearifan lokal Daerah Gorontalo.

“Diterima sebagai anggota Polri bukanlah akhir, tetapi adalah awal memasuki lembaran baru mengikuti aturan aturan yang tertulis maupun tidak tertulis dalam rangka memberikan yang terbaik kepada masyarakat”._

Nama Batalyon lanjut penyandang bintang dua di pundak itu menjelaskan, berasal dari bahasa sansekerta yang terdiri dari dua kata Abhiseva artinya Pemimpin yang percaya diri, mandiri, jujur, serta Santika artinya mendamaikan.

“Saya…kami semua para Pejabat Utama serta Keluarga Besar Polda Gorontalo berharap mendoakan kalian untuk bisa menjadi pemimpin yang percaya diri, mandiri, jujur dan bersifat mendamaikan”, tutup Helmy. (Irham)

Humas Polda Gorontalo

Kapolda Helmy Beri Nama Batalyon XLVIII Diktuba SPN Polda Gorontalo “Abhiseva Santika”
error: Content is protected !!