Terkait Penghapusan Tenaga Honorer, Mathran Lasunte: Kami Terus Berupaya

Terkait Penghapusan Tenaga Honorer, Mathran Lasunte: Kami Terus Berupaya (Foto: Ist)

Newstizen.id, Gorontalo Utara – Tahun 2023 nanti, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan menghapus status honorer. Pemerintah hanya akan merekrut aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Terkait dengan hal tersebut, anggota legislatif (Aleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Mathran Lasunte meminta pemerintah pusat untuk mempertegas nasib tenaga honorer yang bekerja diberbagai bidang antara lain bagian administrasi perkantoran, keamanan dan sopir serta para petugas kebersihan.

“Kalau ke depan hanya dikenal ASN dan PPPK dan tenaga honorer tidak ada lagi, bagaimana nasib mereka,” tutur Mathran Lasunte. Senin (18/07/2022).

Mathran Lasunte mengungkapkan bahwa dirinya telah banyak menerima keluhan yang merupakan aspirasi dari tenaga honorer dari berbagai bidang, yang dengan jelas mempertanyakan atau mengadukan nasib mereka nanti setelah penghapusan tenaga itu berlaku tahun depan (2023-red).

“Secara khusus, pemerintah pusat melalui Kemenpan RB tidak menyebutkan lagi tenaga honorer, nah ini yang diminta untuk dipertegas lagi,” ujar Mathran Lasunte.

Kebutuhan terhadap kehadiran tenaga honorer masih sangat dibutuhkan di daerah ini, akan tetapi amanat undang-undang tentunya harus dihormati dan dijalankan, kata Mathran.

“Semoga ada solusi dan titik terang, melalui kebijakan pemerintah terkait dengan kebutuhan terhadap tenaga-tenaga honorer di daerah ini,” harap Mathran.

Upaya untuk mencari solusi atau jalan keluar agar dapat merekrut kembali tenaga honorer, terus lakukan oleh pihaknya (DPRD-red), ungkap Mathran

“Upaya tersebut dilakukan, tanpa harus melangkahi undang-undang,” pungkas Mathran (RS)

 

Terkait Penghapusan Tenaga Honorer, Mathran Lasunte: Kami Terus Berupaya
error: Content is protected !!