Hasil Pilkades Serentak Digugat, Mathran Lasunte: Sebagai Mitra, Kami Persiapkan Diri

Hasil Pilkades Serentak Digugat, Mathran Lasunte: Sebagai Mitra, Kami Persiapkan Diri (Foto: NMG)

Newstizen.id, Gorontalo Utara – Pasca Pilkades Serentak Usai, Calon kepala desa (Cakades) dari tujuh desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) mengajukan gugatan  ke dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Ketujuh desa yang mengajukan gugatan antara lain, Desa Papualangi, Tolango, Buladu, Pontolo, Windu, Biau dan Poso.

Terkait dengan hal gugatan tersebut, Wakil Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara (Gorut) Mathran Lasunte menyampaikan bahwa seluruh pihak terkait harus melakukan persiapan guna menyelesaikan gugatan (sengketa Pilkades), walau bukan bidangnya karena ada panitia pemilihan kabupaten (PPK). Jum’at (15//07/2022).

Proses penyelesaian ada di PPK, didalam PPK juga ada masuk unsur Forkopimda yang didalamnya ada DPRD, tutur Mathran Lasunte.

“Karena berbicara pemerintahan desa, maka ini masuk dalam kemitraan dari komisi 1, maka kami pun wajib mempersiapkan diri,” jelas Mathran Lasunte.

Komisi 1 juga telah melakukan rapat internal dalam rangka membahas isu yang berkembang, termasuk sengketa (gugatan) pilkades.

“Intinya, yang berhubungan dengan kemitraan, telah kami bahas dalam rapat komisi,” terang Mathran.

Sangat penting diingat adalah sengketa Pilkades ini, tidak sampai mengganggu stabilitas desa maupun daerah. Dirinya berharap seluruh rangkaian proses ini berjalan sesuai dengan mekanisme dan berdasarkan regulasi, ungkap Mathran Lasunte.

“Terakhir, kepada semua pihak harus bersikap dewasa berpikir, ketika keputusannya nanti dapat diterima dengan lapang dada. Akan tetapi, jika masih ada yang merasa kurang pas atau puas, maka ada jala yang tersedia untuk ditempuh, nantinya,” tutup Mathran. (RS/YP)

 

 

Hasil Pilkades Serentak Digugat, Mathran Lasunte: Sebagai Mitra, Kami Persiapkan Diri
error: Content is protected !!