Tujuh Cakades Ajukan Gugatan Pilkades 2022

Tujuh Cakades Ajukan Gugatan Pilkades 2022 (Foto: Ilustrasi)

Newstizen.id, Gorontalo Utara – Terkait pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2022, Tujuh Calon Kepala Desa (Cakades) ajukan gugatan hasil Pilkades.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Kelembagaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gorut, Hastomo Musa, mengatakan, rata-rata laporan yang masuk yakni tentang pelanggaran pemilihan, seperti persyaratan, kampanye, politik uang, dan menghujat saat kampanye yang bukan tim pelaksana kampanye. Selasa (12/07/2022)

“Sesuai juga dengan regulasi bahwa setelah mengadukan diberikan waktu selama tiga hari untuk melengkapi. Dan untuk menggugat diberikan tiga hari setelah hari pemungutan suara,” ujar Hastomo, saat dihubungi.

Tujuh desa itu yakni Desa Windu, Pontolo, Biau, Poso, Papualagi, Tolango, Buladu, terang Hastomo Musa.

Hastomo Musa menyampaikan, pada Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Gorontalo Utara Nomor 2 Tahun 2021, Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Gorontalo Utara Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, saat melakukan laporan atau gugatan maka harus membawa minimal dua alat bukti.

“Jika belum dapat dua maka diberikan waktu untuk melengkapi selama tiga hari dari waktu pelaporan,” terangnya

Proses yang berlangsung saat ini, kata dia, sudah bergulir pada tahap penyampaian laporan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), untuk selanjutnya menentukan, menyidangkan, menetapkan, dan melakukan klarifikasi.

“Jadi saksi, pelapor, para terlapor, kemudian dibuat BAP atau Berita Acara Pemeriksaan, dan pemeriksaan dan kemudian nanti akan disidangkan, yakni sidang pleno PPK,” pungkas Hastomo Musa (BYP)

Tujuh Cakades Ajukan Gugatan Pilkades 2022
error: Content is protected !!